TABEL RELASIONAL


Helloooooooooo world!

Pasti pada penasaran hari ini mau bahas apa.. masih tentang basis data kok, santuy..

Dalam pendidikan, ada sebuah prinsip: mendengar saya lupa, melihat saya ingat, melakukan saya paham, menemukan saya menguasai.

okeee intinya itu.. hehehe

jadi kali ini kita membahas tentang basis data lagi.. semoga ngga bosan yaaa..

ALJABAR RELASIONAL

aljabar relasional merupakan kumpulan operasi yang dapat digunakan sebagai pemanipulasi seluruh relasi. berdasarkan teori himpunan ada 4 yaitu : union atau gabungan, intersection atau irisan, difference atau beda dan Cartesian product atau hasil kali Cartesian, untuk relasi di basis data digunakan 4 perintah yaitu select, project, join dan division.

BAHASA KOMERSIL

Bahasa query yang dirancang sendiri oleh programmer menjadi suatu program apliksi supaya lebih mudah untuk dipergunakan oleh user. bahasa komersil itu sendiri ada 3 yaitu QUEL, QBE, dan SQL.

model hirarki atau tree. biasanya juga disebut struktur pohon atau hubungan bertingkat. dalam model hirarki atau tree ini elemen elemen penyusunnya memiliki istilah node. node ini dapat berupa rincian data, agregat data serta record, node ini juga menggunakan pola hubungan orangtua anak, istilah yang sering digunakan yaitu :

  1. Root : node yang memiliki tempat tertinggi di hirarki
  2. parent : node ang memiliki tempat lebih tinggi
  3. child : node yang memiliki kedudukan rendah
  4. leaves : node yang tidak mempunyai node yang memiliki kedudukan rendah (child)

dalam model hirarki ini hanya ada satu root, dan setiap child hanya boleh memiliki 1 parent dan parent bisa mempunyai lebih dari 1 child. pada model data hirarki, hubungan antar entitas atau kardinalitasnya dinyatakan dalam satu-banyak atau satu-satu. contohnya : dalam suatu universitas tanjungpura memiliki banyak fakultas dan tiap fakultas terdapat beberapa prodi serta terdapat banyak dosen atau banyak mahasiswa dan lain lain.

MODEL JARINGAN

model jairngan disini hampir sama dengan model hirarki, yang dimana data serta hubungan antar data dipresentasikan dengan menggunakan record dan links. akan tetapi tetap terdapat perbedaan diantara keduanya, perbedaannya terletak pada susunan record dan linknya yaitu network model menyusun record record nya dalam bentuk graph. sebuah child bisa memiliki lebih dari satu parent.

dalam model jaringan ini, data rangkap terdapat lebih sedikit akan tetapi lebih banyak terdapat hubungan antar entitas , yang menyebabkan dapat bertambahnya informasi hubungan yang harus disimpan dalam basis data atau database. hal ini dapat berpengaruh kepada volume yag dimana dapat menambah volume dan kerumitan dalam menyimpan berkas data.

data dalam model jaringan ini dipresentasikan menggunakan sekumpulan record serta relasi antara data dipresentasikan oleh sebuah record dan link. link ini dianggap menjadi sebagai pointer. record-record direpresentasikan sebagai graph.

jadi kesimpulan dari sifat sifat tabel relasional yaitu

  1. setiap tabel harus memiliki primary key yang dikenali secara unik untuk tiap baris nya
  2. setiap kolom harus memiliki jangkauan nilai tertentu yang dikenal sebagai domain atribut
  3. urut urutan baris serta kolom tidak terlalu berpengaruh di dalam DBMS
  4. sebuah tabel dirancang seolah olah merupakan struktur dua dimensi yang terdiri dari baris dan kolom
  5. setiap baris dapat mewakili sebuah entitas
  6. setiap perpotongan baris sertakolom mewakili nilai sebuah data
  7. semua nilai pada kolom diwajibkan sesuai format
  8. setiap kolom mewakili atribut serta mengandung nama yang jelas
  9. setiap baris dapat memberikan informasi yang menggambarkan satu kejadian pada entitas

 

Belum ada Komentar untuk "TABEL RELASIONAL"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel