Basis Data : Relational Key


RELATIONAL KEY
HAIII.. HALOO KAWAN KAWAN BUBUT DIMANAPUN KALIAN BERADA. bubut harap kalian para pembaca artikel ini sehat dan diberikan semangat untuk terus belajar. karena semakin banyak yang kita tau maka semakin banyak juga hal yang sebenarnya hal yang tidak kita ketahui. eakk..
yok langsun aja ke materinyaaa..
  1. Super key
Satu atribut atau kumpulan atribut yang dengan unik mengartikan sebuah tpel dalam suatu relasi. contohnya untuk tabel dibawah ini , maka super key nya yaitu
  • id_admin
  • dengan syarat tidak boleh ada username yang sama
  • id_admin + username
Nama kolom Tipe data
id_admin Int(11)
username Varchar(30)
password Varchar(30)
  1. Candidate key
kumpulan atribut yang dapat dibedakan setiap baris data dalam tabel unik, syarat agar bisa menjadi candidate key adalah untuk satu nilai hanya bisa mengidentifikasikan satu baris dalam satu relasi atau harus unik. tidak boleh bernilai null dan merupakan super key dengan jumlah field yang paling sedikit.
  1. primary key
primary key merupakan candidate key yang dipilih untuk mengidentifikasiknan tupel dengan unik di dalam suatu relasi. kunci relasi ini terdiri dari berbagai atribut relasi, agar dapat dikatakan  menjadi sebuah primary key maka sebuah atribut harus memenuhi persyaratan sebagai candidate key.
  1. alternate key
alternate key dibuat apabila tidak ada satupun atribut dalam sebuah relasi yang dapat mewakili relasi tersebut atau ada yang dapat menjadi candidate key akan tetapi tidak efektif apabila digunakans sebagai alternate key
  1. foreign key (FK)
adalah atribut yang memiliki domain yang sama yang menjadi kunci utama dalam sebuah relasi akan tetapi pada relasi lain atribut itu hanya sebagai atribut biasa. misalnya apabila di tabel 1 dia merupakan primary key dan terdapat atribut itu di tabel 2 maka di tabel 2 dia akan menjadi foreign key.
Nama kolom Tipe data
id_admin Int(11)
username Varchar(30)
password Varchar(30)

Nama kolom Tipe data
nim Varchar(50)
id_dosen_pa Int(11)
nama Varchar(30)
tempat Varchar(30)
tanggal_lahir Date
angkatan Varchar(10)
status Varchar(30)

seperti biasa disini ada latihan, tinggalkan di kolom komentar ya jawabannyaa.. coba sebutkan relational key yang digunakan di 2 tabel diatas.
udah udah.. baca dulu sampai akhit, baru dilanjut ngerjain latihannya. semangat benar …
Relational Integrity Rules
  1. Null
null yaitu nilai dari suatu atribut yang tidak diketahui dan tidak cocok untuk suatu tuple tersebut.
  1. Entity Integrity
entity integrity yaitu tidak ada satu komponen primary key yang bernilai null.
  1. Referential Integrity
refentential integrity adalah suatu domain dapat digunakan sebagai kunci primer apabila merupakan atribut tunggal pada domain yang bersangkutan.
Bahasa pada basis data relational.
bahasa yang digunakan yaitu bahasa query atau pernyataan yang diajukan untuk mengambil suatu informasi. bahasa pada basis data relasional ini terbagi menjadi dua yaitu bahasa komersial dan bahasa formal.
BAHASA FORMAL
bahasa query yang diterjemahkan dengan menggunakan symbol matematis terbagi menjadi dua yaitu
  1. procedural yaitu dimana query diberikan dengan cara menerapkan operator tertentu terhadap suatu tabel atau suatu relasi
  2. Non Procedural yaitu pengguna dapat menspesifikasikan data apa yang dibutuhkan tanpa menspesifikasikan bagaimana cara untuk mendapatkannya. misalnya : kalkulus relasional, dimana query menjelaskan set tuple yang diinginkan dengan cara menjelaskan predikat tuple yang diharapkan, terbagi menjadi dua yaitu kalkulus relasional tupel dan kalkulus relasional domain.

Belum ada Komentar untuk "Basis Data : Relational Key"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel