Metodologi Penelitian 6

METODOLOGI PENELITIAN 6
Hallo Good People!
Kan kukejar mimpi, dan kuterbang tinggi, tak ada kata tidak ku pasti bisa♫♫
Maaf Mumun nyanyi bentar ya, hehe. Oiya lirik yang barusan itu salah satu playlist favorit Mumun, yaitu lagu Kejar Mimpi dari Maudy Ayunda. Mimpi itu harus dikejar, masa rebahan mulu sihhhh. Salah satunya yaitu untuk nulis tugas akhir atau TA, ehe, yaps kali ini akan ngebahas lanjutan dari materi metodologi penelitian mengenai sambungan aturan-aturan penulisan laporan tugas akhir dan penelitian, yuk simak pembahasannya !
Aturan-aturan Dalam Penulisan Laporan Tugas Akhir dan Penelitian
          Tugas akhir atau TA merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam menyelesaikan jenjang perguruan tinggi. Tugas akhir biasanya disusun oleh mahasiswa atau mahasiswi ditiap program studi suatu perguruan tinggi berdasarkan dari hasil penelitian suatu pemecahan masalah yang diangkat oleh mahasiswa atau mahasiswi tersebut. Untuk menemukan judul pada tugas akhir juga tidak mudah, mahasiswa atau mahasiswa harus berusaha keras dalam menentukan judul yang sesuai dengan kemampuan selama perkuliahan berlangsung demi mendapatkan gelar sesuai program studi yang diambil. Metodologi yang digunakan juga tidak boleh sembarangan untuk dapat menyelesaikan tugas akhir dengan baik. Dalam penulisan tugas akhir, penulis harus tepat dalam menuliskan laporannya atau hasil penelitiannya. Ketentuan-ketentuan penulisan usulan penelitian atau tugas akhir merupakan salah satu hal yang wajib diperhatikan untuk meminimalisir bahkan tidak terjadinya kesalahan dalam penulisan. Maka dari itu, berikut akan dijelaskan mengenai ketentuan penulisan usualan penelitian atau tugas akhir yang harus diperhatikan.
Ketentuan Umum Penulisan Usulan Penelitian atau Tugas Akhir
  1. Naskah lengkap usulan penelitian atau tugas akhir disusun dalam Bahasa Indonesia yang baku, dimana sesuai dengan ketentuan ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan. Apabila penulisan dalam Bahasa Inggris, pedoman penulisan ejaan dan tata bahasa mengikuti sistem spelling dan grammar berdasarkan tipe US atau British English.
  2. Penggunaan kata ganti orang dihindari atau digunakan kalimat pasif, dan sedapat mungkin menggunaka istilah Indonesia. Jika karena sesuatu hal atau terpaksa harus menggunakan istilah asing atau istilah daerah, istilah tersebut harus ditulis miring atau digaris bawahi secara konsisten.
  3. Dalam penulisan usulan penelitian atau tugas akhir, sebaiknya digunakan kalimat atau alinea penyambung antara definisi atau teorema yang satu dengan definisi/teorema yang lain, sehingga alur isis usulan penelitian atau tugas akhri menjadi lebih jelas. Hindari penulisan yang hanya mendaftar definisi, teorema dan lainnya.

Beberapa ketentuan tata tulis berikut perlu diperhatikan dalam penulisan ususlan penelitian atau tugas akhir :
  1. Kata hubung misalnya “maka”, “sehingga”, “sedangkan” tidak boleh digunakan sebagai awal suatu kalimat.
  2. Penerjemahan kata “where”, “when”, dan “of” dalam Bahasa Inggris tidak selalu menjadi kata “dimana”, “ketika”, dan “dari” dalam Bahasa Indonesia akan tetapi harus diterjemahkan atau diartikan dengan tepat sesuai dengan Bahasa Indonesia yang baku.
  3. Perlu diperhatikan bahwa penulisan “ke” dan “di” sebagai awalan harus dibedakan dengan penulisan “ke” dan “di” sebagai kata depan.
  4. Pemenggalan kata harus dilakukan secara cermat sesuai dengan kaidah penulisan Bahasa Indonesia yang benar.
  5. Bilangan yang mengawali suatu kalimat harus dieja misalnya : Sepuluh ekor kambing.
  6. Simbol atau rumus tidak boleh berada diawal kalimat.
  7. Tanda baca dan penulisan anak kalimat mengikuti EYD atau Ejaan Yang Disempurnakan.

Belum ada Komentar untuk "Metodologi Penelitian 6"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel