Basis Data : Basis Data Relasional


BASIS DATA RELASIONAL
Model Data
model data adalah suatu cara yang digunakan untuk menjelaskan tentang berbagai data yang disimpan dalam basis data dan bagaimana hubungan antar data tersebut bagi para pengguna secara logic. tujuan diadakannya model data yaitu agar dapat menyajikan data supaya lebih mudah apabila akan dilakukan modifikasi dan lebih mudah untuk dimengerti.
jenis-jenis model data.
ada beberapa jenis model data secara garis besar yang dapat dikelompokkan menjadi 3 jenis yaitu :
  1. model data berbasis objek
  2. model data berbasis record
  3. model data fisik

  • model data berbasis objek.
model data berbasis objek atau biasa disebut object based data model yaitu himpunan data serta prosedur atau relasi yang menjelaskan hubungan logic antar data dalam suatu basis data berdasarkan objek datanya. model data ini terdiri dari : ERD atau entity relationship model , Semantik model , dan binary model.
  • model data berbasis record
model data berbasis record atau record based data model yaitu model data yang menjelaskan kepada pengguna atau user tentang hubungan logic antar data dalam basis data atau database. model data ini terdiri dari 3 yaitu relational model, network model, dan hierarchical model
  • Model data fisik
model data fisik atau physical based data modelyaitu model yang digunakan untuk menguraikan data data di tingkat interal atau dapat juga digunakan untuk menjelaskan kepada pengguna bagaimana berbagai jenis data dalam basis data di simpan dalam media penyimpanan secara fisik. model ini terdiri dari dua yaitu unifying model dan frame memory. namun model data ini jarang digunakan karena dianggap rumit dan kompleksitasnya yang justru menyulitkan bagi pengguna atau pemakai.
KONSEP RELATIONAL MODEL
model relasional ini pertama kali dicetuskan oleh Dr. E.F Codd di IBM tahun 1970 dalam tulisan yang berjudul : “a relational model for large shared data banks” pada bulan juni. relational model mempresentasikand ata yang ada pada basis data sebagai kumpulan dari relasi relasi.
lalu apa alasan model relasi ini diperlukan untuk merancang suatu basis data ?
tentu karena mdoel relasi ini mempunyai piranti komunikasi yang bagik atnara designer dan user, selain itumodel relasional ini mendefinisikan salahs atu kriteria dalam merancang basis data yang sangat penting yaitu relasi yang berbentuk normal. struktur data yang direpresentasikan oleh relasi juga dapat segera dikonvesikan dan diimplementasikan ke dalam RDBMS.
lalu apa itu relasi? relasi adalahs ebuah tabel yang mana data nya disimpan dalam sebuah baris tabel.
BASIS DATA RELASIONAL
basis data relasional ini menggunakan tabel dua dimensi yang dimana terdiri dari baris dan kolom untuk memberikan gambaran dari seuah data. data ini disusun dalam bentuk tabel dan antara dua tabel bisa memiliki suatu hubungan atau relasi.
isitlah istilah yang digunakan di basis data relasional
  1. relasi : sebuah tabel yang terdiri dari baris dan kolom
  2. atribut : mendefinisikan sebuah kolom pada relasi
  3. tupel ; mendifinisikan sebuah baris pada relasi
  4. domain : kumpulan nilai yang valid dalam atribut
  5. derajat atau degree : jumlah atribut dalam relasi
  6. cardinality : jumlah tupel dalam sebuah relasi
Nama kolom Tipe data Keterangan tambahan
id_admin Int(11) Primary key
username Varchar(30)
password Varchar(30)
nah bubut mau kasih tugas ni, tinggalin di kolom komentar ya, sebutkan relasi, atribut, tpel, domain, derajat dan kardinality dari tabel yang bubut tampilkan diatas ini..
kayaknya sekian dulu materi hari ini.. GOODBYEEEEEEEE~~~~~~~~~~~~~

Belum ada Komentar untuk "Basis Data : Basis Data Relasional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel