Apa Yang Dipelajari Pada Mata Kuliah Analisa Algoritma


Artikel ini membahas tentang apa saja yang akan dipelajari pada mata kuliah analisa algoritma, dan penjelasan dari materi tersebut, dan pada artikel-artikel berikutnya akan dijelaskan pula setiap materi secara rinci. Poin-poin di bawah ini merupakan RPS (Rencana Pembelajaran Semester) dari mata kuliah analisa algoritma, yang artinya materi di bawah ini merupakan materi yang akan dipelajari nantinya.

Materinya cukup banyak dan dirasa cukup sulit, tapi bukan berarti anda tidak bisa, belajar giat, tumbuhkan niat, dan berusahalah untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka anda akan dibayar sesuai dengan apa yang anda tempuh. Dan ingat SKS (Satuan Kredit Semester) pada mata kuliah ini adalah 4, jadi anda harus serius dalam hal ini. Semangat. Berikut materi pada mata kuliah analisa algoritma:

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan dan menggunakan Abstract Data Type pada Java
    Abstract Data Type (ADT) adalah sekumpulan objek dengan sekumpulan operasi.
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan dan menggunakan Java Collections API
    Java Collection API adalah suatu obyek yang bisa digunakan untuk menyimpan sekumpulan obyek.
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan dan membuat program searching
    Searching adalah proses mendapatkan informasi berdasarkan kunci tertentu pada suatu deret data dengan menelusuri data-data tersebut.
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan dan membuat program sorting
    Sprting adalah suatu proses pengurutan bilangan, huruf, kata, atau nilai lainnya sesuai dengan aturan tertentu.
  5. Mahasiswa mampu menjelaskan dan membuat program Linear Data Model : List dan Stack
    Stack/tumpukan merupakan susunan koleksi data dimana data dapat ditambahkan dan dihapus selalu dilakukan pada bagian akhir data yang disebut dengan top of stack.
  6. Mahasiswa mampu menjelaskan dan membuat program Linear Data Model Queue dan Sets
    Queue/antrian merupakan sebuah struktur data dimana itemnya tersusun sedemikian rupa sehingga item hanya dapat disisipkan di satu ujung dan dihapus di ujung lainnya.
  7. Mahasiswa mampu menjelaskan dan membuat program Hierarchical Data Model : Tree
    Pohon (tree) merupakan kumpulan akar(root), cabang dan simpul (node) yang saling terhubung secara hirarki. Pohon biner (binary tree) adalah pohon dimana setiap simpulnya (node) hanya boleh memiliki maksimal 2 anak (dari cabang kiri, dan kanan).
  8. Mahasiswa mampu menjelaskan dan membuat program Binary Search Trees
    Binary Search Tree adalah pemaiakan struktur tree (pohon) atau berbasis binary tree dalam suatu proses pencarian (searching).
  9. Mahasiswa mampu menjelaskan dan membuat program AVL Tree
    AVL (Adelson-Velskii & Landis) Tree adalah Binary Search Tree yang imbang, Setiap node di AVL Tree memiliki balance factor bernilai -1, 0, atau 1.
  10. Mahasiswa mampu menjelaskan Huffman Coding
    Huffman coding adalah sebuah tipe code yang optimal yang biasanya digunakan untuk lossless data compression. Merupakan salah satu algoritma yang dapat digunakan untuk melakukan kompresi data sehingga ukuran data yang dihasilkan menjadi lebih rendah dari ukuran yang sebenarnya.

 

Materi di atas merupakan RPS dari mata kuliah analisa algoritma, dan selain materi tersebut terdapat beberapa materi yang tidak masuk pada RPS tapi dirasa cukup penting dan diajarkan pada mata kuliah ini, yaitu:

  1. Array/Larik
    Array (larik) adalah penampung sejumlah data sejenis (homogen) yang menggunakan satu identifier (pengenal). Array dalam java adalah obyek, disebut juga sebagai tope referensi.
  2. Exception
    Exception merupakan sebuah event atau proses yang menyela alur proses normal dalam suatu program. Biasanya digunakan untuk menangani kesalahan ketika program sudah berjalan.
  3. Rekursif
    Rekursif adalah sebuah sub program yang memanggil dirinya sendiri (sub program) selama kondisi pemanggilan dipenuhi.

 

Mungkin itu bahasan pada artikel ini, semoga apa yang akan dipelajari mendapat nilai yang terbaik dan sesuai dengan usaha yang dilakukan, sekian terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Apa Yang Dipelajari Pada Mata Kuliah Analisa Algoritma"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel